Langsung ke konten utama

[Ulasan Gim] Harry Potter: Hogwarts Mystery

Nostalgia dengan Harry Potter dan Menyelami Rahasia Hogwarts di Game Harry Potter: Hogwarts Mystery 




Gim yang ditunggu-tunggu para pecinta Harry Potter akhirnya rilis juga. Sudahkah kamu mencobanya?

Sejak 24 April 2018, gim Harry Potter: Hogwarts Mystery bisa diunduh di platform Android serta iOS. Gim berjenis RPG atau role-playing ini dapat dimainkan secara gratis. Namun, pengguna juga bisa memilih melakukan pembayaran dalam game untuk membeli item tertentu.

Permainan Harry Potter: Hogwarts Mystery merupakan video game yang memerlukan koneksi internet ketika memainkannya. Pentingnya koneksi yang stabil serta kuota yang cukup membuat permainan ini akan lebih nyaman saat digunakan lewat jaringan WiFi.

Jalan Cerita Game Harry Potter: Hogwarts Mystery

Adventure game ini memiliki jalan cerita menarik untuk diikuti. Ceritanya membuat pemain nostalgia dengan film maupun novel Harry Potter lewat tempat, tokoh, serta kejadian yang telah akrab. Selain itu, ceritanya juga menampilkan hal baru yang membuat pemain penasaran hingga ingin terus memainkan Harry Potter: Hogwarts Mystery.

Setting waktu mobile game ini adalah ketika Harry Potter the Boy Who Lived selamat dari Kutukan Maut Avada Kedavra Voldemort, tetapi belum cukup umur untuk masuk Hogwarts. Pemain bisa memberikan nama untuk karakter yang dia mainkan, termasuk membuat personalisasi penampilan fisik avatar-nya.

Fitur Permainan Harry Potter: Hogwarts Mystery


Selama mengikuti jalan cerita, terdapat beberapa aksi yang difiturkan permainan ini. Semua fitur ini memiliki game control yang simpel dan mudah. Misalnya, membuat pilihan tindakan yang dilakukan, membuat garis dengan interaksi sliding, serta melakukan tapping di layar.

Sembari sehari-hari mengikuti berbagai kelas di Hogwarts, karakter pemain juga membangun hubungan pertemanan serta mempelajari hal baru. Kedua hal ini akan memengaruhi perolehan atribut miliknya pula. Atribut ini terdiri atas tiga macam; Courage, Empathy, dan Knowledge. Selain itu, ada tokoh antagonis menyebalkan yang mem-bully karakter pemain. Dan pemain juga harus menentukan sikap terhadapnya.

Selama permainan, pemain mengumpulkan energi, koin, dan permata. Ketiga hal ini akan berkurang untuk memenuhi aksi tertentu. Misalnya, energi dibutuhkan ketika melakukan aksi di kelas. Saat energi habis, pemain harus menunggu energi terisi kembali (satu energi setiap 4 menit). Bila pemain tidak ingin menunggu, energi bisa didapatkan dengan menukar permata yang telah dikumpulkan. Permata juga dapat dibeli lewat pulsa pemain (gim Harry Potter: Hogwarts Mystery adalah tipe in-app purchase). 

Grafis Game Harry Potter: Hogwarts Mystery

Grafis serta animasi yang disuguhkan sangat detail. Hal ini sangat memanjakan penyuka Harry Potter, lewat grafis tempat beserta benda pendukung yang ada di sana serta grafis tokoh-tokohnya. Grafis yang menarik juga membuat penyuka gaming secara general betah memainkannya. Kelengkapan animasinya pun begitu mendukung jalannya cerita. 

Perkembangan Mobile Game Harry Potter: Hogwarts Mystery

Pada awalnya, masih terdapat sedikit ketidaknyamanan bagi pemain Harry Potter: Hogwarts Mystery. Hal itu adalah ketika berada di tengah aksi dan pemain kehabisan energi lalu keluar sejenak dari permainan, saat kembali, aksi yang tadi setengah jalan harus diulang dari awal. Namun, masalah ini terlihat sudah diatasi oleh pengembang. Sejak tanggal rilis hingga kini, terlihat pula pengembang menambahkan box informasi terkait waktu tunggu penambahan energi. Tentu, hal ini menjanjikan gim Harry Potter: Hogwarts Mystery yang dikembangkan oleh Jam City, Inc. dan diluncurkan oleh Jam City, Inc., Warner Bros., serta Portkey Games ini akan terus menjadi lebih baik.