Langsung ke konten utama

[Ulasan Film] Deepwater Horizon


Sumber gambar: imdb.com


Deepwater Horizon adalah film yang bertema kehancuran (?) (oke, they call it disaster movie) yang rilis pada 2016. Film ini berangkat dari kisah nyata; meledaknya pengeboran minyak offshore bernama Deepwater Horizon pada 2010. Ledakan ini menyebabkan tumpahan minyak terburuk sepanjang sejarah Amerika.

Mark Wahlberg berperan sebagai tokoh utama sekaligus produser. Bersama aktor lain, dia melakonkan para pahlawan. Orang-orang "asli", yang sungguh berada di kejadian tersebut, juga dimunculkan dalam film ini berupa rekaman suara asli serta visual kesaksian di pengadilan (untuk menjatuhkan hukuman pada pihak bersalah yang tepat) serta foto-foto yang tiada.

Pegawai dari perusahaan minyak dipanggil oleh perusahaan pemilik rig Deepwater Horizon untuk melakukan pengeboran. Padahal, pekerja bidang pengecekan belum menyelesaikan tugas mereka dan telah diusir pulang. Pihak pemilik rig memaksa pengeboran segera dilakukan tanpa peduli bahaya besar yang dapat terjadi.

Jujur saja, film ini cukup berhasil, menurutku, dalam menggambarkan suasana cekaman pada bagian-bagian krusial dan soal rasa pada yang tak selamat. Termasuk perjuangan dan pengorbanan.

Secara visual dan audio, masifnya ledakan juga digambarkan dengan baik. Dialog cukup mendukung dan akting para pemain luar biasa sesuai.

Pada bagian awal, selagi masih bisa berbahagia sebelum terjadi masalah, dimunculkan pula beberapa komedi ringan. Kehadiran Caleb Holloway (sering dipanggil Hollywood) yang masih muda (trainee dari perusahaan minyak yang dipanggil, kalau tidak salah) menjadi sumber komedi. Dan, kesegaran tersendiri. ((Dylan O'Brien!))

Jadi, jika sedang ingin menonton film yang cukup mencekam dan bukan film hantu-hantuan atau tembak-tembakan, ini pilihan bagus.