Langsung ke konten utama

[Ulasan Film] Barbie Star Light Adventure

 


Awalnya, aku menemukan salah satu lagu di sini; Shooting Star, di Youtube. Lagunya bagus, aku suka. Dari video cuplikan filmnya terlihat ber-genre distopia. Tertarik, deh, menontonnya.

You can be anything you want
If you believe in who you are
You'll light up the whole world
You're shining so bright

Nuansa yang didapat setelah beberapa menit film berjalan adalah ... The Lunar Chronicles, novel karangan Marissa Meyer. Kemudian..., The Hunger Games (Suzanne Collins). Untuk di jajaran film Barbie, jelas ini sangat segar. Animasinya sungguh bewarna dan "penuh" karena menggambarkan daerah futuristik. Apalagi Barbie berasal dari sebut-saja-hutan.

Barbie tinggal bersama ayahnya. Sehari-hari, dia bercengkerama bersama hewan-hewan dengan memberi mereka makan. Barbie memiliki kemampuan berinteraksi baik dengan mereka lewat nyanyian. Selain itu, dia juga senang berselancar di udara memakai papan.
Ibunya sudah meninggal. Barbie mengenakan kalung yang jika dibuka ada hologram sang ibu menggendong dirinya dan suara ibunya bernyanyi (lagu Shooting Star).
Ada pula peliharan berbulu superimut; Pupcorn. (Jika usianya telah cukup, akan nge-pop jadi suatu spesies yang dia dan pemiliknya akan baru tahu)

Permasalahan mereka adalah bintang-bintang sudah tidak bernyanyi dan satu persatu bintang hilang. Raja galaksi mencari orang-orang berbakat yang dapat membantunya. Dipilih dan dipanggil lima remaja; Barbie, dua kembar--Sheena dan Kareena, peselancar populer--Sal-Lee, dan pangeran Leo. Mereka diberi kamar dan latihan sebagai persiapan.

Raja yang kaku dan terlalu menjunjung tinggi aturan langsung tak suka dengan Barbie yang kreatif. Inilah tokoh antagonis kita walaupun tetap dijaga "manis", jadi tidak jahat, bisa dibilang.

Misi pertama kelima remaja ini adalah menangkap ... apa-namanya-lupa; Starlion (?). Pokoknya hewan ini warna hijau dan serupa naga. Dialah satu-satunya yang bisa menuntun mereka ke inti ... galaksi (?). Di inti itu, bersama raja, mereka akan "membetulkan" bintang-bintang. Raja, sih, berencana mengorganisir bintang-bintang jadi teratur dengan alatnya. Tapi, menurut Barbie itu tak akan berhasil.

Konfliknya cukup bagus untuk penonton muda. Pesannya juga oke.
Kau bisa menjadi apa saja.
Percayalah pada dirimu.
Jangan takut akan perubahan.
Tunjukkan bahwa kau mampu.
Hewan juga pantas untuk disayangi. Meow.

When I'm down and feeling scared
I know I should take a chance
The world is sitting right here
In the palm of my hand

I'm flying higher than before
And giving up is not a choice
I'll push the doubt aside
And step into the spotlight